Friday, January 4, 2019

Cara kalibrasi baterai hp android xiaomi, samsung, tanpa root

Hp android apapun mereknya, entah itu hp samsung, xiaomi, oppo, huawei, asus dan sebagainya. Terkadang dalam penggunaannya, setelah hp sudah lama digunakan. Akan banyak muncul masalah, misalnya karena ngedropnya baterai hp android anda. Nah, jika baterai android anda masih belum rusak, dalam artian masih sehat walafiat. Maka hal ini bisa diselamatkan dengan cara yang namanya kalibrasi baterai.

Cara kalibrasi baterai hp android xiaomi, samsung, tanpa root

Untuk tata cara mengkalibrasi baterai pada hp android, khususnya pada hp xiaomi atau samsung yang tanpa root. Semuanya dapat dilakukan dengan mudah, apalagi sekarang di playstore sudah banyak sekali aplikasi penyedia jasa pengkalibrasi baterai yang gratis. Jadi anda tidak perlu khawatir lagi.

# Cara mengkalibrasi baterai hp android secara manual

Yap, cara yang satu ini bisa digunakan pada baterai hp android merek apapun. Jadi anda dapat mencoba tahapan atau langkah-langkah kalibrasi baterai manual ini, guna untuk memperbaiki kualitas baterai hp android anda.



1. Habiskan daya baterai

Langkah pertama dalam mengkalibrasi baterai android secara manual. Yakni dengan cara menghabiskan seluruh daya yang ada di dalam baterai hp android anda. Jadi gunakan hp anda untuk apa saja, entah itu untuk main game, internetan dan sebagainya. Pokoknya gunakan sampai daya baterai hp benar-benar tersisa hanya 0%.

2. Cek sisa daya baterai 0%

Untuk mengecek keabsahan sisa daya baterai. Maka hp android anda yang sudah ngedrop dan mati sendiri, hidupkan lagi tombol powernya. Cek apakah memang benar sisa daya baterai sudah habis alias 0%. Jika hp tidak mau nyala saat dihidupkan, berarti daya baterai hp memang sudah habis.

3. Isi daya baterai sampai penuh

Dalam kondisi hp android yang sudah mati karena kehabisan daya baterai. Langsung saja charge, atau cas hp anda tersebut sampai daya baterai terisi penuh kembali / 100%.

4. Cek sisa daya baterai 100%

Lepas charger atau cas-casan anda. Kemudian hidupkan hp android anda. Lalu cek berapa sisa daya baterai pada hp android anda. Jika sisa daya tidak menunjukkan angka 100%. Maka langsung cas hp anda tersebut dalam kondisi hp yang masih menyala / dihidupkan.

5. Pengecekan sisa daya baterai dan pengulangan langkah

Setelah daya baterai penuh / 100%. Cabut cas-casan hp anda lalu restart hp anda. Lihatlah sisa daya baterai pada hp android anda. Jika sisa daya belum mencapai angka 100%. Maka ulangi lagi langkah ke 4 dan 5 ini.

6. Langkah terakhir dalam kalibrasi manual

Langka yang terakhir, setelah daya baterai benar-benar terisi sampai 100%. Maka gunakan kembali hp anda, habiskan daya baterainya sampai 0% kembali. Dan kemudian isi daya baterai hp anda sampai penuh 100% kembali. Maka dengan ini sudah komplitlah tahapan kalibrasi baterai hp android anda. Dengan ini maka baterai hp android anda, entah itu hp xiaomi, samsung, dll akan kembali menjadi normal dan tidak ngedrop lagi.


# Cara mengkalibrasi hp android dengan bantuan aplikasi

Untuk selanjutnya yakni berbagai langkah atau cara mengkalibrasi baterai smartphone android dengan bantuan aplikasi. Langsung saja . .

1. Download aplikasi kalibrasi baterai

Buka google play store, cari aplikasi kalibrasi baterai dengan memasukkan kata kunci "calibrate battery" pada kotak pencarian. Lalu cari aplikasi kalibrasi baterai hp android yang sekiranya terbaik.

Pilih sesuka hati, asal gratis, memiliki rating yang tinggi dan komen / review yang baik. Maka aplikasi kalibrasi baterai yang seperti ini layak untuk dicoba.

2. Gunakan hp android sampai daya minimal

Gunakan hp android anda sampai sisa daya baterai hp android anda tinggal sedikit. Katakanlah tinggal tersisa di bawah angka 20%, Misalnya sisa 10-15 %. Kemudian langsung cas hp anda tersebut.

3. Mengaktifkan aplikasi pengkalibrasi baterai

Nah, sambil ngecas hp, jangan lupa anda untuk mengaktifkan fitur kalibrasi baterai pada aplikasi pengkalibrasi baterai yang sudah anda install tadi. Dengan ini maka semua langkah pengkalibrasian baterai sudah lengkap.

Anda tinggal menunggu sampai daya baterai hp android anda terisi sampai penuh / 100%. Maka semuanya akan berjalan dengan lancar dan normal. Dan baterai hp pun akan kembali seperti sedia kala.

Tapi ingat, cara pengkalibrasian baterai hp ini tidak berlaku pada baterai hp yang benar-benar sudah rusak. Misalnya seperti baterai yang sudah bocor, menggembung dan lain sebagainya. Jadi jangan marah-marah ngak jelas jika kalibrasi baterai hp anda gagal.

Jika anda sudah mencoba berkali-kali mengkalibrasi batre dan tetap saja gagal. Maka sudah saatnya anda untuk membeli baterai hp yang baru. Cukup sekian saja, semoga bermanfaat.

# Baca juga :

Penyebab & Ciri-ciri baterai hp yang sudah rusak, mulai lemah dan bocor
Cara memperbaiki baterai hp android yang ngedrop / cepat habis
Penyebab hp cepat panas & boros baterai / batre cepat habis (smartphone android)
Kenapa hp android cepat panas saat main game / internetan ?
8 Cara agar hp tidak cepat panas saat main game dan internetan
Cara mudah mengatasi hp cepat panas dan batre / baterai cepat habis (boros)
Berapa lama sebaiknya ngecas hp baru ? Xiaomi, samsung, oppo, huawei, asus, dll ?

Cara kalibrasi baterai hp android xiaomi, samsung, tanpa root
4/ 5
Oleh

Leave your comment