Monday, June 10, 2019

8 Cara menghadapi orang yang sombong, angkuh, arogan, suka pamer materi, dll

Sombong, angkuh alias arogan ini merupakan salah satu dari sekian banyak sifat tercela yang cukup berbahaya. Karena sombong inilah iblis dikeluarkan dari surga, dan dikutuk sesat selama-lamanya. Karena sombong ini juga pembunuhan pertama umat manusia terjadi di dunia. Dan masih banyak dampak buruk yang terjadi di dunia ini karena diakibatkan dari adanya sifat dan sikap yang sombong ini. Intinya kesombongan membawa kepada perpecahan dan kehancuran, alias ngak ada faedahnya.

8 Cara menghadapi orang yang sombong, angkuh, arogan, suka pamer materi, dll

Karena itulah, saya dan anda sekalian para pembaca, sudah seharusnya dapat menjaga diri dari sifat sombong ini. Karena yang ada di dunia ini semuanya hanyalah titipan semata, yang sewaktu-waktu dapat menghilang dan musnah.

Analogi mudahnya seperti tukang parkir yang kelihatan seperti punya banyak motor. Tapi mereka tidak menjadi sombong karenanya. Karena sudah jelas, mereka sadar semua motor yang dimilikinya cuma titipan saja. Bukan motor miliknya sendiri, dan bukan juga si dia yang membuat motor itu juga. Jadi, sadar dirilah kuncinya gan.



Nah, kembali ke topik utama kita. Adakalanya di kehidupan bermasyarakat, banyak kita temui orang-orang yang didalam kehidupan dan kesehariannya berperilaku angkuh atau sombong. Hal ini ditandai dengan mudahnya mereka berbangga-bangga diri, memamerkan harta / materi, cara bicara yang arogan dan masih banyak yang lainnya. Dan tentu hal ini cukuplah merepotkan dan menjengkelkan.

Biasanya sih, yang disombongkan oleh orang-orang tidak terlepas dari 5 hal ini. Yakni diantaranya adalah :

1. Harta kekayaan / materi
2. Tahta / jabatan dan kedudukan
3. Wanita / nasab keluarga dan keturunan
4. Wajah yang cantik / tampan
5. Ilmu pengetahuan / keahlian

Ya begitulah ke-5 hal yang dari dulu banyak membuat manusia menjadi hancur karenanya. Yakni menjadi rusak dan hancur karena kesombongannya sendiri. Nah, untuk menghadapi orang yang angkuh, sombong dan arogan ini. Anda dapat mencoba beberapa cara yang tersebut dibawah ini.

# Cara menghadapi orang yang sombong, angkuh, arogan, dan suka pamer

1. Lihat orangnya

Sebelum anda bertindak, lihat terlebih dahulu orang yang sombong ini seperti apa kiranya. Mulai dari usia, kelompok / golongan, status, dan sebagainya. Karena beda orang beda juga cara mengatasinya.

Misalkan jika teman anda, teman sebaya anda adalah orang yang sombong dan suka pamer. Katakanlah teman anda dan anda masih remaja. Maka hal ini cukup mudah mengatasinya, cukup bercanda sedikit dan memberikan sedikit sindiran halus atau juga nasehat yang baik. Saya rasa hal ini tidaklah buruk.

Lain lagi ceritanya jika ada orang tua yang sombong, pejabat, dan anda rakyat biasa yang tidak terkenal lagi. Anda berusaha menasehatinya dengan cara yang kasar. Tentunya yang akan menghadapi banyak masalah kedepannya, ya anda sendiri.

Jadi pada intinya sesuaikan tindakan pada orang sombong yang anda hadapi. Misalnya sesuaikan cara menasehati orang sombong ini sesuai dengan umur, gender, status, hubungan dan sebagainya. Pokoknya harus bijak lah, ngak main hajar begitu saja.

2. Lihat situasi dan kondisinya

Lihatlah kondisi orang yang sombong ini. Apakah si dia suka memamerkan harta kekayaan / materi. Ataukah mereka hanya sekedar kelewat ambisius dan terlalu percaya diri ?. Dan masih banyak situasi dan kondisi lainnya. Intinya sesuaikan dengan situasi dan kondisi yang ada. Beda orang beda juga cara menghadapi dan menasehati orang yang sombong ini.

3. Mencoba menasehati dengan baik dan bijak

Jika teman anda sendiri adalah orang yang sombong. Atau mungkin saudara anda didalam keluarga ada yang bersikap sombong. Maka sudah seharusnya anda berusaha untuk menasehati dan meluruskan mereka. Intinya kembali kepada kedua kriteria yang ada pada dua poin diatas tadi.

Menasehati tidak harus dengan cara yang lembut dan halus, dengan cara kasar juga boleh. Asal situasi dan kondisinya tepat dan terpenuhi. Karena ya gitu, beda orang, beda juga cara penanganannya. Jadi tidak mesti menasehati itu selalu dengan cara yang baik, dan halus. Jika anda sudah berkali-kali menasehati dengan baik dan tidak dihiraukan. Misalnya anda sebagai orang tua yang mencoba menasehati anak yang sombong. Ya sekali-kali dikasari dikit juga ngak apa-apa. Pokoknya sesuaikan porsinya saja, Jangan kelewat batas.

4. Berikan senyuman

Selain menasehati orang yang sombong bahwa perilakunya ini tidak baik. Jika anda kebetulan menemui teman atau tetangga yang suka pamer harta kekayaan dan sombong. Mulutnya selalu pedas dan ember, tidak ada henti-hentinya membanggakan diri. Ya anda cukup bersikap santai sajalah. Berikan senyuman kepadanya, anggap saja ucapan dan tindakan orang tadi sebagai angin lalu.


5. Berikan hadiah

Jika ada orang yang terus-terusan memanasi anda dengan materi dan harta kekayaan. Atau juga memamerkan kemampuan, keahlian dan kecantikan / ketampanan wajah pada anda. Intinya si dia ini berusaha memanas-manasi anda. Maka rajin-rajinlah berikan hadiah kepada mereka.

Entah itu hadiah tersebut hanya sekedar makanan, dan sebagainya. Pokoknya tambah rajin berbuat baik kepada mereka. Nanti juga jika anda tidak peduli dengan sikap sombongnya dan malah baik kepada mereka. Perlahan juga si orang yang sombong tadi akan luluh hatinya, mereka akan malu sendiri dengan perbuatannya, dan semoga saja mereka dibukakan pintu hatinya untuk berubah menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Dan tentunya tidak menjadi orang yang angkuh dan suka pamer harta kekayaan, dll lagi.

6. Bersikap baik

Seperti yang sudah tersebut diatas, jika ada teman anda yang sombongnya minta ampun. Entah itu sombong dengan cara memamerkan harta kekayaan / materi, menyombongkan kemampuan, jabatan dan sebagainya. Maka berbuat baik dan berprasangka baik sajalah kepada mereka.

Atur sekiranya anda nampak tidak peduli dengan kesombongan mereka. Anda merasa adem ayem saja, dan tetap berbuat baik kepada mereka. Yang jelas jangan sampai anda malah terpengaruh dan menjadi penjilat, alias berbuat baik guna hanya untuk mendapatkan perhatian dan sesuatu / balasan dari mereka. Misalnya mengharap dibagi sedikit harta, kedudukan dan sejenisnya.

7. Jangan terpancing / merasa jengkel dan iri

Jika ada orang yang suka memamerkan harta kekayaan. Suka pamer dan sombong dengan apapun juga. Anda jangan jadi ikut terpancing dan menjadi iri dengan mereka. Kalem saja, santai, anggap semuanya hanya sebatas angan-angan kosong yang suatu saat juga akan hilang juga.

Ya jika dipikir-pikir di dunia ini tidak ada yang abadi. Kekayaan suatu saat akan habis dan musnah, tidak selamanya orang menjadi cantik dan tampan, tidak selamanya orang menjadi terkenal dan terpandang. Semuanya hanyalah ilusi semata...

8. Jauhi dan abaikan

Jika anda tidak kuat dengan perilaku orang yang sombong, yang sekiranya menganggu anda. Ya sudah, anda jangan berteman dan jangan berurusan lagi dengan mereka. Abaikan saja semua celoteh dan aksi suka pamernya. Masih banyak orang baik diluar sana yang dapat dijadikan sebagai teman / sahabat yang baik. Jadi santai saja gan.

Yap, saya rasa ke-8 hal yang tersebut diatas cukup ampuh untuk dipakai didalam menghadapi orang-orang yang sombong, arogan dan angkuh di luar sana. Cukup sekian dulu pembahasan di blogbiasa.com kali ini, semoga bermanfaat . . . ..

# Baca juga :

Cara menghadapi orang yang tidak mau kalah bicara, berargumen, bertindak, dll
7 Cara menghadapi & menyadarkan orang yang keras kepala
Arti posesif, teman, pacar, pasangan, orang tua, cowok-cewek posesif
5 Ciri-ciri teman yang posesif serta penyebabnya

8 Cara menghadapi orang yang sombong, angkuh, arogan, suka pamer materi, dll
4/ 5
Oleh

Leave your comment