Sunday, July 21, 2019

15 Faktor sosial dan Faktor alam penyebab banjir

Banjir, luapan air yang tumpah dan menggenang di lingkungan perumahan warga maupun di berbagai tempat yang lainnya. Merupakan sebuah bencana yang disebabkan oleh berbagai jenis faktor. Baik itu banjir biasa maupun banjir bandang dan banjir rob. Kesemuanya terjadi karena suatu hal. Jadi, tidak ujug-ujug langsung tiba-tiba jadi banjir begitu saja. Akan tetapi, ada banyak hal yang menyebabkannya.

15 Faktor sosial dan Faktor alam penyebab banjir

Diantara berbagai faktor penyebab banjir, pada umumnya terdiri dari dua hal. Yaitu yang pertama adalah faktor sosial yang disebabkan oleh ulah tangan-tangan manusia. Dan yang kedua yakni faktor alam, karena memang sudah begitu adanya. Sebut saja karena takdir gan 😁.

# Faktor sosial penyebab banjir

1. Pembalakan hutan

Pembalakan hutan, penebangan pohon secara serampangan, penggundulan hutan tanpa adanya kontrol. Sehingga berdampak pada ekosistem pepohonan dan tanaman yang ada di hutan, lembah dan pegunungan. Hal ini dapat menyebabkan berbagai bencana alam. Misalnya seperti banjir, kekeringan dan tanah longsor.

2. Membuang sampah sembarangan

Buang sampah secara sembarangan, berapapun jumlahnya, mau kecil atau besar. Jika suatu waktu semua sampah yang ada menumpuk di saluran drainase dan juga di sungai. Maka di kala hujan tiba, yang ada pastinya bencana banjir yang akan datang.

Hal ini terjadi karena berbagai sampah yang dibuang oleh manusia secara sembarangan. Membuat sungai menjadi dangkal, dan saluran air menjadi tersumbat. Sehingga mengganggu jalannya aliran air dikala hujan. Dan dari sinilah nantinya akan banyak terjadi bencana banjir.



3. Tatanan kota yang buruk

Tatanan kota yang buruk, pembangunan kota yang sembarangan tanpa ada perencanaan yang matang. Misalnya buruknya kualitas drainase kota, tidak adanya lingkungan hijau di kota, seluruh kota isinya cuma bangunan aspal - semen dan beton, banyaknya bangunan liar di bantaran sungai, buruknya tingkah laku dan kebiasaan masyarakat kota. Kesemua ini dapat membuat kota menjadi langganan banjir.

4. Pemukiman liar dekat dengan sungai

Pemukiman liar yang dekat dengan bantaran sungai. Apalagi sampai mempengaruhi ekosistem lingkungan di sungai. Misalnya seperti penyempitan area sungai karena banyaknya bangunan liar, maupun adanya pendangkalan sungai karena buang sampah rumah tangga ke sungai secara sembarangan. Hal ini juga sangat berpengaruh terhadap terjadinya bencana banjir.

5. Konstruksi bangunan yang buruk

Konstruksi bangunan yang buruk, entah karena ada kesalahan didalam rancangan bangunan, adanya human error maupun kesengajaan semisal korupsi dana bahan bangunan. Misalnya saja untuk membuat bendungan dan sejenisnya. Apabila konstruksinya buruk, dan bendungan jebol. Maka otomatis wilayah pemukiman yang ada di bawah area bendungan terancam terkena banjir.

6. Sabotase

Sabotase, adanya unsur kesengajaan untuk menjatukan pemerintahan. Misalnya seperti sengaja menghancurkan bendungan, adanya peperangan, rebutan kekuasaan, untuk menjatuhkan nama baik lawan, dan lain sebagainya. Hal ini juga dapat menjadi salah satu faktor penyebab banjir yang ada.

# Faktor alam penyebab banjir

1. Curah hujan yang tinggi

Curah hujan yang amat teramat tinggi, apalagi jika wilayah pemukiman tempat tinggal orang berada di area tanah yang cukup rendah. Hal ini dapat memungkinkan terjadinya berbagai bencana yang berhubungan dengan aliran air. Semisal seperti banjir, tanah longsor dan banjir bandang.

2. Gempa bumi

Adanya gempa bumi yang cukup besar, hal ini dapat menyebabkan banyak kerusakan dilingkungan. Misalnya seperti jebolnya bendungan, longsornya daerah perbukitan, tertutupnya aliran sungai, dll. Sehinga nantinya kesemua hal tersebut dapat menyebabkan terjadinya banjir.

3. Pendangkalan sungai

Pendangkalan sungai akibat adanya longsoran material didaerah pegunungan. Hal ini dapat membuat sungai menjadi tidak kuat untuk menampung debit air yang ada. Sehingga nantinya meluaplah sungai tersebut, dan banjir pun akan terjadi disepanjang aliran sungai.

4. Ulah binatang

Berang-berang yang membuat bendungan di daerah hulu sungai. Apabila, bendungan tersebut sudah jadi dan si berang-berang melakukan kesalahan sehingga dapat menjebolkan bendungan. Atau mungkin ketika musim hujan tiba dan bendungan yang dibuat si berang-berang ini jebol. Maka wilayah di sepanjang aliran sungai dapat terancam terkena bencana banjir.


5. Siklus pasang surut air laut

Banjir rob sering terjadi ketika suatu wilayah dekat laut. Sebut saja ketika di pantai, dan siklus air pasang sedang tinggi-tingginya. Misalnya karena pengaruh gravitasi bulan, hembusan angin, dll. Maka wilayah pemukiman yang ada di dekat pantai tersebut dapat terkena bencana banjir.

6. Penurunan muka tanah

Penurunan muka tanah yang diakibatkan karena gempa bumi, pergeseran lempengan benua, maupun menyusutnya tanah karena kekurangan ketersediaan air bawah tanah. Hal ini juga dapat meningkatkan berbagai jenis bencana alam. Termasuk didalamnya bencana banjir.

7. Global warming

Karena pemanasan global, dari tahun ke tahun kondisi iklim dan cuaca semakin sulit untuk di tebak. Begitupula dengan meningkatnya frekuensi bencana alam dan meningkatnya permukaan air laut. Dari sini dapat kita lihat di seluruh dunia, banyak terjadi bencana banjir yang maha dahsyat. Yang bahkan dapat menggenangi satu kota dan bahkan satu provinsi.

8. Gravitasi bulan

Disaat bulan purnama dan adanya gerhana bulan total. Disaat itu juga pengaruh gaya gravitasi bulan meningkat dengan pesat. Hal ini tentunya berdampak pada aktivitas tektonik dan juga pasang surut air laut. Sehingga dapat menyebabkan terjadinya gempa bumi, serta banjir rob di berbagai tempat. Terutama di daerah yang berada dekat lempengan benua dan daerah pantai yang memiliki struktur tanah yang landai.

9. Hembusan angin

Berbagai jenis angin topan, maupun badai yang melanda daerah dekat laut. Kesemuanya berpotensi menyebabkan banjir. Misalnya jika angin topan, tornado, dll membawa material lain yang dapat menghancurkan bendungan, menutup aliran sungai, dan diiringi dengan meningkatnya curah hujan. Maka otomatis banjir pun juga dapat terjadi.

Begitupula dengan hembusan angin badai dekat wilayah laut. Hal ini dapat menyebabkan air laut naik kepermukaan, dan menyebabkan bencana banjir.

Nah, saya rasa begitulah beberapa jenis faktor sosial dan faktor alam penyebab banjir. Pada dasarnya, menurut saya, kebanyakan bencana yang melanda umat manusia. Dalam hal ini yaitu banjir, semuanya kebanyakan diakibatkan oleh ulah tangan-tangan manusia itu sendiri.

Jadi, saran saya selaku admin blogbiasa.com ini, marilah kita bersama-sama menjaga kelestarian alam dan lingkungan. Serta perbaiki diri kita masing-masing agar tidak lagi membuang sampah sembarangan. Dengan ini, saya rasa potensi resiko bencana banjir dapat ditekan dan diminimalisirkan sebanyak mungkin. Cukup sekian dulu, semoga bermanfaat . . .

# Baca juga :

7 tanda atau ciri-ciri akan datang / turunnya hujan
Apakah ikan juga butuh tidur ? bagaimana cara ikan tidur ? dan berapa lama ikan tidur dalam sehari ?
Penyebab ruangan kamar bisa menjadi lembab
11 Penyebab ruangan kamar yang pengap dan panas

Artikel terkait

15 Faktor sosial dan Faktor alam penyebab banjir
4/ 5
Oleh

Leave your comment