Monday, July 22, 2019

Penyebab headset dan earphone yang cepat rusak, mati sebelah, mati total

Rasanya memang benar-benar menjengkelkan ketika headset dan juga earphone yang kita beli cepat sekali rusaknya. Dan parahnya, kebanyakan headset dan earphone yang rusak ini selalu saja mati sebelah. Entah speaker headset / earphone yang kiri dan kanan. Yang jelas seseorang terkagetkan dengan tidak adanya suara di salah satu speaker yang ada.

Penyebab headset dan earphone yang cepat rusak, mati sebelah, mati total

Nah, rusaknya headset dan earphone ini. Baik yang headset / earphonenya mati sebelah ataupun mati total. Kebanyakan diakibatkan karena kecerobohan pengguna. Terutama didalam hal penggunaan headset dan juga cara melipat kabel headset dan earphone yang salah.

Nah, langsung saja berikut berbagai macam penyebab yang dapat membuat headset dan earphone menjadi cepat rusak.



# Penyebab headset dan earphone yang cepat rusak, mati sebelah, mati total

1. Kesalahan melipat kabel

Melipat kabel headset dan juga earphone secara sembarangan. Hal ini dapat menyebabkan putusnya berbagai jenis kawat tembaga yang ada di dalam kabel. Nah, hal inilah yang biasanya membuat suara di headset dan juga earphone mengalami gangguan. Misalnya seperti suara yang putus nyambung dan juga mati sebelah pada speaker headset / earphone yang ada.

Untuk mencegah hal ini terjadi, sebaiknya anda tidak usah lah melipat kabel headset / earphone yang ada. Cukup di urai saja tu kabel, dan letakkan atau gantung di tempat yang aman. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir resiko putus dan rusaknya kabel headset yang ada .

2. Terlalu keras dalam mencabut colokan headset & earphone

Jika anda terlalu keras dalam mencabut plug atau colokan headset dan earphone. Terkadang hal ini dapat membuat solderan tembaga yang ada didalam plug atau colokan headset dan earphone menjadi rusak / putus. Sehingga nantinya hal ini dapat membuat headset dan earphone yang anda miliki menjadi mati total, tidak ada suara sama sekali.

3. Ketiduran saat memakai headset / earphone

Ketiduran saat memakai headset atau juga earphone. Apalagi anda tiduran sambil berbaring di kasur. Jika anda tidak sengaja banyak bergerak didalam tidur. Hal ini dapat mengakibatkan terjepitnya kabel headset anda. Selain terjepit, kabel juga dapat tidak sengaja ketarik-tarik. Dan dari sinilah headset maupun earphone yang anda punya menjadi cepat rusak.


4. Telinga yang basah

Telinga yang basah, misalnya habis cuci muka, habis keramas, mandi, dll. Kemudian anda langsung memakai headset atau earphone. Maka jika ada air yang masuk kedalam headset dan juga earphone. Dikhawatirkan hal ini dapat menyebabkan korsleting, yang dapat menjadikan rusaknya headset dan earphone yang anda gunakan.

5. Meletakkan headset dan earphone sembarangan

Meletakkan headset dan earphone secara sembarangan juga dapat bermasalah. Apalagi jika sampai salah tempat didalam meletakkannya. Bisa jadi nanti malah kabel headset anda digigit tikus, Kan gawat jadinya gan. Jika sudah begini bisa dipastikan langsung rusak tuh headset dan earphone anda.

Yap, ke-5 hal yang tersebut diataslah yang sekiranya menjadi penyebab utama kerusakan pada headset maupun earphone yang anda punya. Maka dari itu, berhati-hatilah didalam menggunakan headset dan juga earphone. Jangan sembrono dan sembarangan dalam menggunakannya. Agar nantinya headset dan earphone yang anda miliki dapat menjadi awet bin tahan lama.

Nah, cukup sekian dulu gan, untuk selanjutnya mungkin saya akan membahas mengenai masalah perawatan headset dan earphone agar awet dan tidak mudah rusak. Semoga bermanfaat . . .

# Baca juga :

Pengalaman buruk pakai earphone, headset, headphone dan bahayanya
Earworm, fenomena Lagu terngiang di kepala dan di telinga ?

Artikel terkait

Penyebab headset dan earphone yang cepat rusak, mati sebelah, mati total
4/ 5
Oleh

Leave your comment