Tuesday, July 9, 2019

7 Cara agar kacamata tidak mudah kotor dan buram

Banyak sekali hal yang menyebabkan lensa kacamata yang anda kenakan menjadi kotor dan buram. Salah satu penyebab utamanya misalnya karena embun dan debu yang berterbangan. Dan selain kedua penyebab yang tersebut tadi, tentunya masih sangat banyak sebab lainnya yang menyebabkan kacamata menjadi kotor dan buram.

7 Cara agar kacamata tidak mudah kotor dan buram

Nah, untuk mencegah dan mengatasi buram dan kotornya lensa kacamata yang anda pakai. Maka, sudah seharusnya anda mengetahui beberapa sebab dari buram dan kotornya lensa kacamata yang anda kenakan.

# Penyebab kotor dan buramnya lensa kacamata

1. Debu yang menempel di lensa kacamata
2. Embun dan uap air
3. Wajah yang berminyak
4. Tangan yang kurang bersih
5. Lingkungan yang kurang bersih (misal banyak debu, lembap, pengap, dll)
6. Sembarangan meletakkan kacamata
7. Kecerobohan pengguna kacamata



Nah, ke-7 hal tersebutlah yang pada dasarnya seringkali membuat lensa kacamata yang anda kenakan menjadi buram dan kotor. Untuk mencegah hal ini terjadi, setidaknya anda harus melakukan berbagai langkah pencegahan seperti yang tersebut dibawah ini.

# Cara mencegah dan mengatasi lensa kacamata agar tidak buram dan kotor

1. Menjaga kebersihan wajah

Wajah yang berminyak cukup berpeluang didalam membuat kotor dan buramnya lensa kacamata yang anda miliki. Jika wajah anda berminyak berlebih dan tidak terawat, otomatis jika anda mengusap wajah anda, dan lalu memegang kacamata yang anda kenakan. Mau tidak mau, pastinya nanti gagang kacamata dan juga lensa kacamata yang anda kenakan akan ikut jadi berminyak juga. Nah, darisinilah maka menjaga kebersihan wajah sangat penting untuk menjaga kebersihan lensa kacamata yang anda miliki.

2. Menjaga kebersihan tubuh (tangan)

Tubuh yang kotor, berkeringat, dan juga tangan yang tidak bersih juga cukup berpeluang didalam meningkatkan resiko kotor dan buramnya kacamata yang anda kenakan. Nah, dari sini juga maka kebersihan tubuh anda harus dijaga. Agar nantinya disaat memegang kacamata yang anda kenakan tidak jadi kotor, berminyak, dan buram.

3. Menjaga kebersihan lingkungan

Sama seperti kedua poin yang tersebut diatas. Lingkungan yang kotor juga berpengaruh didalam membuat kotor dan buramnya lensa kacamata yang anda kenakan. Misalnya saja jika anda berada di ruangan yang lembap, pengap dan bau lagi. Maka sudah dapat dipastikan nantinya lensa kacamata akan cepat menjadi buram karena mengumpulnya uap air dan embun yang dihasilkan dari sirkulasi udara yang buruk dalam ruangan tersebut.

Jadi dari sini, menjaga kebersihan lingkungan, kamar dan rumah anda juga sangat penting untuk menjamin kebeningan lensa kacamata yang anda miliki.

4. Berhati-hati dalam bertindak

Kecerobohan, semisal jatuh ke comberan, memegang kacamata habis makan gorengan dan sebagainya. Hal ini jelas akan membuat kacamata yang anda kenakan menjadi kotor dan buram. Maka dari itu, saran saya sih yang terpenting itu harus menjaga kebersihan. Baik itu kebersihan diri sendiri, lingkungan dan juga perilaku / akhlak. Dengan ini maka resiko rusaknya kacamata anda akan dapat diminimalisirkan.


5. Membersihkan lensa kacamata dengan cairan khusus pembersih kacamata

Untuk membersihkan lensa kacamata sebaiknya anda menggunakan cairan khusus pembersih kacamata yang tersedia di berbagai toko optik yang ada. Hal ini dilakukan agar nantinya lensa kacamata yang anda miliki dapat tampil maksimal, bersih dan kinclong tanpa ada noda dan goresan yang mengkhawatirkan. Kalau perlu juga anda dapat menambahkan semprotan atau cairan antifog pada lensa kacamata anda, agar nantinya lensa kacamata aman dari yang namanya embun dan uap air di udara.

6. Gunakan kain microfiber didalam membersihkan lensa kacamata

Kain lap untuk membersihkan lensa kacamata juga harus diperhatikan. Jangan sembarangan kain yang anda gunakan untuk membersihkan lensa. Karena jika salah, yang ada malah nanti lensa kacamata anda bisa menjadi rusak dan bertambah buram.

Gunakanlah kain lap yang halus dan bersih, sebagai contohnya ya kainlap khusus untuk membersihkan lensa semisal microfiber. Jangan menggunakan kain yang kasar semisal handuk dan amplas 🤣 untuk membersihkan lensa kacamata, karena dikhawatirkan akan timbul masalah yang tidak diinginkan. Semisal lensa jadi tambah kotor, tergores dan sebagainya.

7. Menjauh dari tempat yang berdebu dan lembap

Nah, langkah terakhir yaitu anda diharuskan untuk menjauh dari berbagai tempat yang beresiko membuat kotor, rusak dan buramnya lensa kacamata yang anda kenakan. Misalnya seperti di ruangan yang lembap, pengap, berdebu, bersuhu teramat dingin dan lain sebagainya.

Nah begitulah berbagai penyebab dan cara mencegah serta mengatasi kotor dan buramnya lensa kacamata yang anda miliki. Untuk berbagai tips dan cara lainnya seputar kacamata, misalnya adalah cara mengatasi kacamata yang mudah berembun. Anda dapat membacanya pada artikel yang ada dibawah ini. Cukup sekian dulu, semoga bermanfaat . .

# Baca juga :

Tips & Cara mengatasi agar lensa kacamata tidak cepat berembun
7 Cara gila atasi kacamata agar tidak melorot
5 Cara agar kacamata tidak silau ketika berada di luar ruangan (siang hari)

7 Cara agar kacamata tidak mudah kotor dan buram
4/ 5
Oleh

Leave your comment