Wednesday, July 24, 2019

Cara menghadapi orang songong, belagu, sok-sokan, sok pintar, dll

Anda tahu dengan orang yang songong ?, Belagu ?, Sok-sokan ?, Banyak gaya, sok pintar, dll ?. Ya, pastinya anda tahu sendirilah. Minimal misalnya lihat di tv, lihat film, kartun, dll. Pastinya ada saja karakter antagonis yang kelakuannya seperti ini.

Cara menghadapi orang songong, belagu, sok-sokan, sok pintar, dll

Nah, lucunya Arti dari kata songong dan belagu ini banyak versinya gan. Ada yang mengatakan songong ini artinya tidak tahu adat atau kurang ajar, ada juga yang mengatakan songong ini orang angkuh dan sombong. Begitu juga dengan belagu, ada yang mengatakan belagu ini artinya banyak gaya - banyak tingkah alias berlagu, ada juga yang mengatakan belagu ini berpura-pura lugu, alias pura-pura ngak tahu.

Nah, dilihat dari penjelasan yang diatas. Untuk pembahasan kali ini, anggap saja orang yang songong dan belagu ini adalah orang yang sombong, angkuh, kurang ajar dan suka merendahkan orang lain.

Langsung saja berikut cara menghadapi orang yang songong, belagu dan sok-sokan.

# Cara halus didalam menghadapi orang yang songong dan belagu

Untuk menghadapi orang yang songong dan belagu memang dibutuhkan kesabaran yang ekstra. Jiia anda cukup sabar dan berhati besar, enggan untuk menciptakan konflik dan permusuhan. Ya gunakan cara yang halus saja, misalnya seperti yang ada di bawah ini.

1. Abaikan mereka

Yap, jika ada orang yang songong dan belagu. Abaikan saja mereka, sebisa mungkin anda menghindar darinya. Tidak usahlah anda dekat-dekat dengannya. Anggap segala perkataannya cuma angin berlalu saja. Jangan terlalu dimasukkan kedalam hati. Keep calm and stay cool bro.



2. Jangan mudah terpancing

Seperti yang tersebut diatas. Orang yang sombong ketika anda membalas perkataannya. Mereka akan malah tambah menjadi-jadi kesombongannya. Dan ujung-ujungnya pasti jadi konflik dan baku hantam. Maka dari itu, untuk menghindari segala jenis konflik yang ada. Lebih baik anda mengalah sajalah, anggap saja anda yang waras, dan orang sombong ini orang gila.

3. Balas dengan kebaikan

Jika anda dilukai, disakiti, dihinakan. Dan anda masih bisa bersabar menghadapi orang semacam ini. Coba balas segala kata-kata dan perbuatan mereka dengan senyuman. Dan kalau perlu kasih hadiah sekalian. Agar mereka jadi terheran dan malu sendiri dengan kelakuaannya. Nah, diharapkan dengan ini mereka dapat sadar diri dan mau memperbaiki dirinya.

4. Berikan nasehat yang baik

Jika anda cukup mengenal dekat orang yang sombong ini. Cobalah untuk memberikan nasehat yang baik. Beri nasehat bahwa sesungguhnya perbuatannya yang songong dan belagu ini tidaklah baik.

Jika mereka mau menerima nasehat anda, ya syukur gan. Dan jika mereka tidak mau, ya sudah abaikan. Keep santuy aja gan.

# Cara kasar didalam menghadapi orang yang songong dan belagu

Jika anda dirasa memiliki kekuatan, keunggulan, misal keunggulan dari segi backing, materi, keluarga, pemikiran, fisik, nyali, dll. Maka untuk menghadapi orang sombong ini juga bisa dengan cara kasar gan. Jadi, tidak perlulah dengan cara halus, jika orang yang songong ini sudah kelewat batas kelakuannya.

Akan tetapi saya masih menyarankan cara yang halus saja. Karena cara kasar ini dapat berdampak buruk buat kedepan.

1. Kuatkan diri, tetap percaya diri

Kuatkan diri anda, kumpulkan keberanian anda, tetap percaya diri. Bahwa nantinya anda bisa mengalahkan orang yang songong dan belagu ini.


2. Kena tampar pipi kiri, balas tampar pipi kanan

Yap, jika anda disakiti, baik itu dari segi fisik maupun perkataan. Ya jangan ragu untuk membalasnya gan. Balas dengan balasan yang seimbang. Jika mereka suka ngebacot, ya bacotin balik gan. Jika mereka melukai anda baik fisik maupun mental, jika anda tidak sanggup melawan. Jangan khawatir, maka pak polisi siap untuk menjadi teman dan backingan anda. Laporkan saja si orang songong ini ke kantor polisi dengan tuduan perbuatan yang tidak menyenangkan.

3. Jatuhkan mental mereka

Sanjung dan puji orang yang sombong ini setinggi-tingginya sampai mereka merasa puas dan senang. Kemudian balikkan dan jatuhkan mental mereka. Misalnya anda mengumbar pencapaian anda yang lebih baik dari dirinya. Beri tahu siapa anda, keluarga anda dan berapa banyak kekayaan anda. Biar mereka jadi lari, malu dan terdiam.

4. Putuskan hubungan pertemanan, cari teman lain yang lebih baik

Yap, sudahi sajalah berteman dengan orang yang songong ini. Cukup sampai disitu sajalah pertemanan anda. Cari teman lain yang baik, teman yang mau menerima anda apa adanya. Teman yang tidak suka membully, teman yang dapat membawa anda ke dalam kebaikan. Bukannya teman yang malah dapat menjerumuskan dan membuat anda jadi jengkel setiap hari.

Yap, cukup sekian dulu gan. Begitulah kiranya berbagai cara yang cukup ampuh untuk menghadapi orang yang songong, belagu dan sok-sokan. Pada intinya sih, yang paling baik itu ya anda harus bersabar didalam menghadapi orang yang songong ini. Jika anda tidak bersabar, ya cukup tinggalkan saja orang macam demikian. Cari yang lebih baik lagi gan. Cukup sekian dulu, semoga bermanfaat . . .

# Baca juga :

8 Cara menghadapi orang yang sombong, angkuh, arogan, suka pamer materi, dll
19 Ciri-ciri teman yang jahat / tidak baik
6 Ciri-ciri rekan kerja yang iri dan tidak menyukai kita
6 Ciri-ciri teman penghianat yang mudah dikenali

Artikel terkait

Cara menghadapi orang songong, belagu, sok-sokan, sok pintar, dll
4/ 5
Oleh

Leave your comment