Tuesday, July 23, 2019

Cara merawat headset & earphone agar awet dan tidak cepat rusak

Setelah kita kemarin membahas mengenai berbagai penyebab yang kiranya dapat menyebabkan rusaknya headset dan juga earphone. Sekarang mari kita bahas mengenai berbagai cara yang digunakan untuk menjaga keawetan headset dan juga earphone yang anda miliki.

Nah langsung saja, berikut berbagai tips untuk merawat headset dan earphone agar awet dan tidak cepat rusak.

Cara merawat headset & earphone agar awet dan tidak cepat rusak

# Cara merawat headset & earphone agar awet dan tidak cepat rusak

1. Usahakan jangan melipat kabel

Banyak tutorial untuk mencegah rusaknya headset ini yang pada intinya menyarankan pengguna untuk melipat kabel dengan baik dan benar. Faktanya, sebaik-baiknya anda melipat kabel. Suatu saat kabel tembaga yang ada didalam headset bisa putus juga. Nah jika sudah demikian, maka akan ada banyak kerusakan yang terjadi didalam penggunaan headset dan earphone yang anda punya.

Seperti pengalaman admin blogbiasa.com ini misalnya, karena keseringan lipat dan buka gulungan kabel headset dan earphone. Akhirnya tuh headset dan earphone jadi rusak, mati sebelah. Suara cuma keluar dari satu sisi doang. Nah, darisinilah saya mengambil pelajaran. Tidak usah melipat kabel headset, cukup di urai, dibiarkan dan diletakkan di tempat yang aman saja.

2. Hindari menggunakan headset saat telinga basah

Keringkan terlebih dahulu telinga, kepala dan wajah anda ketika mau memakai headset atau juga earphone. Hal ini dilakukan tentunya untuk mencegah berbagai kemungkinan buruk yang disebabkan oleh masuknya air kedalam speaker headset dan juga earphone. Dikhawatirkan nantinya jika anda teledor, maka akan ada banyak air yang masuk ke headset / earphone. Yang nantinya dapat memperburuk kualitas suara yang ada.



3. Jangan sampai ketiduran

Janganlah anda sampai ketiduran sembari menggunakan headset ataupun earphone. Menurut pengalaman admin blogbiasa.com ini, penggunaan headset dan juga earphone sambil tiduran cukuplah berbahaya. Karena dapat menyebabkan putusnya kabel headset dan juga munculnya berbagai masalah kesehatan yang menyerang telinga anda. Jadi, usahakanlah jangan sampai tertidur dikala anda menggunakan headset maupun earphone.

4. Letakkan di tempat yang aman

Letakkan headset dan juga earphone ditempat yang aman. Aman dari benturan, aman dari terjepit, aman dari bahaya binatang semisal tikus, kutu, kremi, serangga kecil dan lain sebagainya.

5. Berhati-hati dalam memasang dan mencabut plug

Berhati-hatilau didalam mencabut colokan atau plug headset dan earphone anda. Janganlah anda main cabut dengan keras itu colokan headset dan earphone. Karena jika anda sembrono, maka bukan tidak mungkin nantinya solderan kabel yang ada didalam plug jadi goyah dan rusak. Dan pada akhirnya headset dan earphone anda jadi mati sebelah maupun mati total.


6. Bersihkan bantalan speaker earphone secara berkala

Jangan lupa anda untuk membersihkan bantalan earphone dan juga headset agar tetap terjaga kebersihannya dari debu. Jika bantalan earphone dan juga headset jadi bersih, maka kualitas suara yang dihasilkan juga jadi jernih. Hal ini terjadi, Karena berbagai lubang kecil untuk jalannya suara menjadi bersih dari debu yang menghambat.

7. Gunakan headset bluetooth / wireless

Untuk menjaga keawetan headset anda. Jangan lupa anda untuk mencoba generasi terbaru dari perangkat headset ini. Yakni perangkat headset berbasis bluetooth atau juga wireless. Dengan ini masalah rusaknya headset karena ada masalah di kabel dapat segera dicegah dan teratasi dengan mudah.

Nah, begitulah kurang lebih ke-7 cara yang cukup ampuh untuk menjaga keawetan headset dan earphone yang anda punya. Intinya sih ya kembali kepada pribadi masing-masing. Asalkan penggunaan headset dan earphone dilakukan dengan baik dan hati-hati. Maka anda tidak perlu khawatir dengan rusaknya headset dan earphone yang anda miliki.

# Baca juga :

Pengalaman buruk pakai earphone, headset, headphone dan bahayanya
Earworm, fenomena Lagu terngiang di kepala dan di telinga ?
Penyebab headset dan earphone yang cepat rusak, mati sebelah, mati total

Artikel terkait

Cara merawat headset & earphone agar awet dan tidak cepat rusak
4/ 5
Oleh

Leave your comment