Thursday, September 5, 2019

Bosan hidup sendiri, apa yang harus saya lakukan ?

Kesendirian yang dialami seseorang dalam jangka waktu yang panjang, dapat menjadi masalah yang serius. Bukan hanya kesehatan fisik saja yang terganggu, namun kesehatan psikis atau mental seseorang juga dapat mengalami masalah jika ia terlalu lama sendiri.

Sebagai contoh misalnya untuk orang-orang nolep / no life yang menderita penyakit fobia sosial. Perilaku orang tersebut didalam menjauhkan diri dari pergaulan. Sehingga mengakibatkan dirinya terisolasi didalam rumah dalam jangka waktu yang panjang. Hal ini dapat membuat orang tersebut menjadi depresi dan mengalami kesulitan untuk berbaur dan bergaul di masyarakat.

Bosan hidup sendiri, apa yang harus saya lakukan ?

Nah, jika anda kebetulan sudah lama hidup sendiri, terlalu lama asik sendiri, dan anda sudah bosan dengan keadaan yang seperti ini. Kira-kira sebaiknya apa yang harus dilakukan untuk mengatasi kebosanan didalam hidup anda yang seperti demikian ?. Langsung saja berikut jawabannya . ..

# Bosan hidup sendiri, apa yang harus saya lakukan ?

1. Niat untuk berubah

Tips yang pertama untuk menghilangkan rasa bosan didalam kesendirian anda adalah dengan cara berniat terlebih dahulu. Niatkan didalam hati anda untuk berubah menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Cobalah untuk merubah diri anda secara bertahap sehingga nantinya anda dapat lancar didalam bergaul dan berbaur didalam masyarakat.



Kuatkan tekad anda untuk berubah dari pribadi yang suram dan suka menyendiri. Menjadi orang yang setidaknya dapat berinteraksi dengan tetangga atau warga sekitar. Setidaknya misalnya ya iseng-iseng mampir ke pasar buat latihan bersosialisasi.

2. Memaksakan diri untuk keluar dari zona nyaman

Mau tidak mau paksakanlah diri anda untuk berubah. Janganlah anda terlalu asik sendiri, terlalu sering mengurung diri didalam rumah, alias ngenolep. Keluarlah dari cangkang anda, lihatlah indahnya dunia luar yang ada didepan mata anda. Tutup semua gadget, hp dan laptop anda. Dan mulailah bertualang di dunia nyata.

3. Mulai belajar untuk menjalin hubungan

Mulailah perbanyak relasi dan hubungan anda, perbanyak teman dan pergaulan. Carilah lingkungan pergaulan yang sehat agar nantinya anda tidak terjerumus ke jalan yang sesat. Aktiflah didalam bersilaturahmi dan bersosialisasi. Dengan ini sedikit banyak rasa bosan anda akan segera teratasi.

4. Mencari pasangan hidup

Jika anda sudah terlalu lama ngejomblo dan ngejones. Misalnya ngejomblo sedari lahir, maka jika anda sudah mampu / mapan. Cobalah untuk mencari pasangan atau pendamping hidup. Agar nantinya hidup anda menjadi lebih tenang dan tentram.

5. Memelihara hewan peliharaan

Jika anda merasa bosan dengan kesendirian anda. Anda juga dapat menghilangkan rasa bosan dengan cara memelihara hewan peliharaan, maupun dengan cara merawat tanaman. Rawatlah hewan peliharaan dan tanaman anda dengan baik. Maka pasti rasa bosan didalam kesendirian anda akan segera menghilang.

Baca juga : 6 Cara keluar dari zona nyaman dengan cepat dan mudah


6. Berselancar di dunia maya

Jika anda sudah tidak bisa mengubah cara hidup anda. Maka tidak ada salahnya jika anda aktif di berbagai media sosial yang ada. Semisal seperti nongkrong di facebook, twitter, wa, dan sebagainya. Karena di internet sangat banyak sekali orang-orang yang memiliki masalah yang sama dengan anda. Nah, mungkin dengan adanya komunitas yang sama dengan hobi dan kesukaan anda di media sosial. Maka hal ini dapat mengusir rasa bosan anda.

Ibaratnya seperti sebuah rumus, dimana 1 nolep + 1 nolep = 2 orang yang ngak nolep. Jadi, jika anda bosan sendirian, coba cari teman yang bosan sendirian juga. Maka kebosanan anda akan menghilang.

7. Merubah rutinitas harian

Jika anda melakukan rutinitas atau aktivitas harian yang monoton. Maka rubahlah cara dan gaya hidup anda. Rubahlah sekiranya sampai anda tidak merasa bosan lagi. Dengan ini maka masalah yang berhubungan dengan kebosanan akan segera teratasi.

8. Berpikiran positif

Jangan terlalu banyak berpikir yang negatif. Ambil positifnya saja, cobalah menikmati hidup dan berpikiran positif. Cobalah untuk berbahagia. Karena kebahagiaan yang sebenarnya ya terletak didalam hati kecil anda. Untuk masalah uang, dll hanyalah sebuah kebahagiaan semu yang cepat sirna. Karena sudah banyak buktinya orang kaya yang sama sekali tidak bahagia dan menderita.

Kurang lebih segini dulu ya gan. Begitulah berbagai Tips dan trik untuk mengusir rasa bosan anda dikala sendiri. Tetaplah hidup, semangatlah didalam hidup, jangan pantang menyerah dan putus asa. Karena banyak orang-orang yang senasib dengan anda, dan banyak juga orang yang tidak seberuntung anda. Intinya semua kembali kepada pola pikir anda masing-masing. Cobalah untuk berpikir positif, ikhlas dan bahagia. Semoga bermanfaat . . .

# Baca juga :

8 Ciri-ciri orang yang bosan hidup
Apa saja yang dilakukan jomblo saat malam minggu tiba ?
Bosan hidup miskin ?, Bosan jadi orang miskin ?, Apa yang harus saya lakukan ?
Bosan menjadi pengangguran, apa yang harus saya lakukan ?

Artikel terkait

Bosan hidup sendiri, apa yang harus saya lakukan ?
4/ 5
Oleh

Leave your comment