Tuesday, September 3, 2019

Berbagai macam alasan untuk tidak ikut pramuka ?

Akhir-akhir ini banyak sekali citra negatif yang berkaitan dengan pramuka. Banyak kasus dan info yang bertebaran di media sosial yang membuat citra pramuka menjadi semakin memburuk. Sebagai contoh misalnya seperti tindakan kakak pembina yang tidak manusiawi, seperti menyuruh siswa untuk makan bersama di tanah lapang tanpa alas. Menyiram air comberan ke siswa pramuka, dll.

Berbagai macam alasan untuk tidak ikut pramuka ?

Terlepas hoax atau tidaknya berita tersebut, para netizen tentunya banyak yang tidak mau tau dengan kejadian tersebut. Dan langsung saja menjudge bahwa pramuka adalah suatu aktivitas, ekskul, organisasi yang tidak berguna di sekolah. Sampai-sampai kita mendengar berbagai istilah yang menyindir aktivitas pramuka zaman now dengan istilah "Anak tunas coconut". Dan banyak sekali meme yang dibuat para netizen untuk mengkritik aktivitas pramuka yang salah kaprah tersebut. Anda dapat mencari sendiri beritanya di fecebook, maupun di google.

Nah, kembali ketopik utama kita. Kira-kira apa sajakah alasan para siswa untuk enggan ikut didalam pramuka ?. Alias alasan untuk tidak ikut pramuka ?. Langsung saja berikut jawabannya .. .



# Berbagai macam alasan siswa untuk tidak ikut pramuka ?

1. Buang-buang waktu

Ya, seperti yang kita ketahui. Yang namanya ekskul pramuka kebanyakan memakan waktu dan tempat yang tidak diinginkan oleh sebagian besar siswa. Sebagai contoh misalnya ekskul diadakan setelah jam pulang sekolah hingga sore hari ?. Selain itu misalnya juga hari libur dan akhir pekan juga seringkali diadakan ekskul pramuka dadakan ?. Semisal seperti hari sabtu dan minggu ?.

Nah, dari sini mungkin ada saja siswa yang malas ikut pramuka karena banyak waktunya yang terbuang untuk aktivitas sekolah dan ekskul. Sehingga tidak ada waktu yang cukup untuk bermain dan beristirahat ?.

2. Panas, dan kotor

Nah, yang namanya aktivitas pramuka tentunya banyak melibatkan aktivitas di luar ruangan / outdoor. Dan tentu hal yang terkait dengan aktivitas di luar ruangan tidak bisa dipisahkan dari yang namanya panas-panasan di bawah terik matahari. Selain itu, keringat dan aktivitas lainnya yang membuat baju jadi bau. Hal ini tentu tidak disukai oleh sebagian siswa. Terutama misalnya seperti anak yang tinggal di kota ?.

3. Kena marah terus

Kakak pembina yang galak maupun sok galak juga banyak yang tidak disukai siswa. Dan darisini juga bisa jadi menjadi alasan bagi para siswa untuk malas ikut aktivitas pramuka. Karena mereka selalu kena marah, dan mungkin dibully terus sama kakak pembina yang ngak bener ?.


4. Jarak rumah yang jauh

Jarak rumah yang jauh dengan sekolah juga dapat membuat siswa menjadi malas untuk ikut ekskul pramuka. Karena hal ini dapat membuang banyak waktu, memakan banyak tenaga dan juga biaya. Sehingga buat siswa-siswi pelajar yang kurang mampu, akan sedikit kerepotan jika harus ikut pramuka.

5. Punya banyak urusan ?

Punya banyak urusan semisal harus membantu orang tua kerja. Semisal seperti jaga toko, jaga warung, nyari rumput ternak dan sebagainya juga dapat menjadi alasan bagi para siswa untuk enggan ikut pramuka.

6. Perlakuan yang tidak manusiawi ?

Kakak pembina yang suka membully, suka marah-marah ngak jelas. Membuat permainan yang aneh-aneh dan menyakiti siswa. Dengan alasan "dek, di zaman kakak lebih berat", dan sebagainya. Hal ini juga merupakan salah satu penyebab malasnya siswa untuk ikut kegiatan pramuka.

7. Banyak hafalan

Banyaknya hafalan di dalam kegiatan pramuka, baik itu yel-yel, moto, kode-kode dan berbagai jenis hal yang berkaitan dengan kepramukaan lainnya. Hal ini juga terkadang dapat memberatkan siswa yang sudah kelelahan dibebani banyaknya pr atau tugas sekolah lainnya.

8. Kena pengaruh teman / tontonan ?

Citra buruk pramuka yang ada di media sosial juga dapat membangun opini publik untuk tidak ikut aktivitas kepramukaan. Sebagai contohnya banyaknya meme dan kasus yang menyinggung anak pramuka di media sosial. Semisal seperti istilah anak tunas coconut dan sebagainya. Hal ini juga dapat membuat para siswa menjadi malas untuk ikut pramuka.

Nah, begitulah kira-kira ke-8 alasan yang dapat membuat siswa-siswi sekolah untuk malas ikut kegiatan pramuka. Hal ini berlaku buat siswa-siswi sd, smp maupun sma. Jika ada salah kata maupun saran, silahkan saja tuliskan di kotak komentar. Terimakasih . . .

# Baca juga :

Rencana setelah lulus sekolah SMA, SMK, Sederajat
7 Keuntungan & Manfaat belajar kelompok bagi siswa di sekolah
9 Cara cepat menghafal pelajaran dalam waktu singkat
Cara mudah mengatasi & menghilangkan rasa malas belajar - Dijamin sukses dan ampuh

Artikel terkait

Berbagai macam alasan untuk tidak ikut pramuka ?
4/ 5
Oleh

Leave your comment