Tuesday, April 30, 2019

Cara agar video youtube tidak kena copyright / hak cipta

Kalau anda bertanya bagaimana caranya agar video yang diupload di youtube lolos dari yang namanya copyright atau klaim hak cipta. Tentu hal ini sebenarnya sangat-sangatlah mudah. Yang terpenting anda haruslah menggunakan segala jenis unsur yang ada di dalam video, tanpa ada yang mengambil dari sumber lain. Semisal seperti bgm, lagu, suara efek, cut scene, gambar, video dan sejenisnya yang memiliki hak cipta.

Cara agar video youtube tidak kena copyright

Jika video yang anda unggah asli dari hasil ngerekam dan buat sendiri, tanpa ada unsur pelanggaran hak cipta. Tentu masalah copyright ini tidak akan pernah menghampiri anda.

# Cara agar video youtube tidak kena copyright

Pada dasarnya untuk menghindari audio dan video yang anda upload ke youtube agar aman dari copyright. Anda haruslah :

1. Buat konten sendiri / original bin asli

Yap, yang jelas konten asli bin original ini sangat bagus untuk kelangsungan hidup chanel youtube anda. Jika konten video anda asli hasil ngerekam sendiri, misal seperti video tutorial, ngevlog dan sejenisnya. Atau juga konten buatan sendiri semisal video animasi dan sebagainya. Maka yang namanya pelanggaran hak cipta / copyright tentu sangat kecil sekali kemungkinannya untuk menghampiri anda.



2. Jangan menyisipkan lagu / audio yang ngak jelas asal usulnya

Banyak lagu dan musik baik itu efek suara, bgm, dan berbagai jenis lagu lainnya yang memiliki hak cipta, atau ada yang memegang hak ciptanya. Jadi, jika anda menyisipkan sepenggal lagu atau sebagian besar musik atau lagu yang berhak cipta. Maka sudah jelas, nantinya video anda akan kena takedown karena sudah melanggar hak cipta / dmca.

Maka dari itu, sebelum anda memasukkan lagu didalam video anda. Baik itu misalnya seperti efek suara didalam game, musik bgm, sound effect dan sebagainya. Telitilah terlebih dahulu mengenai syarat penggunaan lagu dan musik tersebut. Apakah lagu dan musik tersebut dapat digunakan secara gratis atau tidak ?. Jika tidak ya jangan anda gunakan, karena resiko pelanggaran hak cipta dan penonaktifan atau dismon akun adsense sangat fatal akibatnya.

3. Gunakan konten gratis dalam video

Seperti apa yang tersebut diatas. Sebelum menggunakan berbagai konten tambahan dalam video anda. Baik itu berupa gambar, lagu, musik dan sebagainya. Lihatlah syarat atau kondisi penggunaannya. Apakah file tambahan yang anda gunakan itu memiliki hak cipta, atau malah free to use, gratis digunakan tanpa syarat sedikitpun ?. Semisal seperti memberikan credit dan sejenisnya ?.

Jika memang kontennya benar-benar gratis, maka ya monggo lanjut untuk digunakan. Dan anda tidak perlu khawatir lagi dengan yang namanya copyright.

4. Jangan reupload atau menyalin video orang lain tanpa ijin

Nah, ini dia penyakit kebanyakan orang indo. Hobinya kalau buat chanel youtube selalu saja mencuri hasil karya orang lain. Baik itu dari youtuber luar, atau malah dari youtuber lokal sendiri. Hal ini juga berlaku untuk berbagai jenis rekaman video semisal konser lagu dan sebagainya. Karena jelas hal ini juga masuk kedalam kategori pelanggaran hak cipta. Karena menyebarkan lagu tanpa seijin pemiliknya.


Jadi, jika anda ingin aman chanel youtubenya. Saran saya sih jadilah youtuber yang baik. Jangan jadi penghamba adsense yang menghalalkan segala cara demi untuk meramaikan chanel youtube dan mendapatkan uang sebanyak-banyaknya. Jadi, ya kembali jadi pribadi yang kreatif dan inovatif gan.

5. Jangan mencari musuh / masalah di dunia maya

Nah, salah satu faktor lainnya adalah yang satu ini. Terkadang jika anda suka ngeflame atau membuat keributan di dunia maya. Khususnya di sosial media, di berbagai grup youtuber, blogger dan sebagainya. Maka ujung-ujungnya nanti ada saja orang yang menyimpan amarah dan dendam kepada anda. Dan akibatnya nanti chanel youtube anda akan diserang. Semisal di report, atau dilaporkan melanggar hak cipta, padahal tidak sama sekali. Nah, tentu hal ini sangat berbahaya bagi keberlangsungan hidup chanel youtube anda.

Maka dari itu, untuk menjaga aman dan damainya chanel youtube anda dari komplain dmca, copyright atau klaim pelanggaran hak cipta. Buatlah karya video yang original tanpa ada unsur pelanggaran hak cipta dan juga unsur menyudutkan suatu kelompok tertentu.

Dan jika anda ingin menyisipkan sebagian konten tambahan semisal seperti musik dan sejenisnya. Maka gunakan saja berbagai jenis musik yang gratis, tidak berlisensi dan tanpa perlu syarat ribet untuk menggunakannya. Yap, cukup sekian dulu semoga bermanfaat . .

# Baca juga :

Apa itu copyright di instagram, youtube, facebook, situs, blog, lagu, video, dll ?
Apa itu youtube rewind ? Video youtube rewind artinya ?
Cara mengatasi video youtube yang macet saat di putar di hp android
Penyebab youtube tidak menanggapi, macet, dan keluar sendiri (error / force close)

Cara agar video youtube tidak kena copyright / hak cipta
4/ 5
Oleh

Leave your comment