Sunday, April 28, 2019

Bosan hidup miskin ?, Bosan jadi orang miskin ?, Apa yang harus saya lakukan ?

Menjadi orang miskin, lahir dari keluarga yang kurang berada. Hidup seadanya saja, makan ngak makan yang penting kumpul. Hal ini tentu bagi sebagian orang dirasa biasa saja. Dan ngak ada masalah sama sekali. Karena mereka menerima segala ketentuan Tuhan dengan lapang dada, dengan penuh hati yang ikhlas. Jadi, miskin atau kaya menurut sebagian orang tidak menjadi masalah sama sekali.

Bosan hidup miskin ?, Bosan jadi orang miskin ?, Apa yang harus saya lakukan ?

Namun, adakalanya jika sudah dilanda kesusahan yang cukup menyulitkan. Misalnya jika anda seorang remaja, atau seorang yang berada didalam keluarga yang kurang mampu. Ingin melakukan ini dan itu, dan rasanya sulit sekali. Semisal seperti ingin melanjutkan sekolah, ingin berobat, ingin menggapai cita-cita dan sebagainya. Tentu hal ini akan terasa cukup menyulitkan dan menyedihkan. Karena pada dasarnya, kita hidup di dunia ini membutuhkan yang namanya uang / materi.

Nah, bagi anda yang merasa bingung dengan kondisi hidup yang ada. Anda bosan menjadi orang miskin, kira-kira apa yang harus dilakukan agar hidup menjadi lebih baik lagi ?. Langsung saja berikut jawabannya...

# Tips menjadi bahagia walaupun tidak punya uang / kaya raya

1. Bersyukur

Tidak punya uang, hidup alakadarnya kok ya masih harus bersyukur ?. Kira-kira apa yang patut disyukuri ?. Uang ngak ada, rumah pun tidak jelas bentuknya, makan sehari-hari susah dan sebagainya ?. Nah, jika itu yang ada dipikiran anda. Maka cobalah ubah pemikiran negatif tersebut menjadi sebuah pemikiran yang positif.



Coba pikirkan saja tentang diri anda, penglihatan anda masih normal, tubuh anda lengkap, sehat walafiat. Anda dapat merasakan nikmatnya hidup, merasakan manisnya dan gurihnya masakan dan minuman yang ada. Coba saja anda bayangkan ?, Banyak orang kaya di luar sana yang mengeluarkan uang milyaran rupiah hanya untuk menyambung hidupnya. Misalnya karena adanya gangguan pada ginjal atau jantungnya. Dan bahkan banyak orang kaya yang tidak bisa menikmati makanan yang manis-manis dan asin-asin seperti anda ?.

Jika anda kaya raya, tapi tubuh anda sakit-sakitan. Maka makanan apapun itu, walaupun harganya berjuta-juta. Tetap saja tidak enak rasanya. Nah, dari sini tentu ada banyak sekali nikmat Tuhan yang diberikan kepada anda dan kita semua. Namun, karena kesusahan sedikit saja, kita sering lalai dan malah berburuk sangka kepada Tuhan yang maha esa. Padahal jika hati kita ikhlas dan kita sering mensyukuri kehidupan yang ada. Maka hidup ini akan menjadi lebih indah, walaupun apapun kondisinya.

2. Sering melihat kebawah

Lihatlah kebawah, jangan sering melihat keatas, melihat orang yang kaya raya dan sejenisnya. Tengoklah di luar sana banyak orang yang kelaparan dan kebingungan mencari tempat tinggal yang aman. Disini anda dapat hidup dengan aman, jauh dari kelaparan, wabah dan peperangan. Bahkan anda dapat merasakan nikmatnya internet, terbukti dari hadirnya anda dalam artikel saya di blogbiasa.com ini. Jika sudah demikian, maka nikmat Tuhanmu yang manakah yang kau dustakan ?.

3. Tetap optimis

Selain melihat kebawah, jangan lupa juga anda untuk melihat orang sukses di luar sana. Anda haruslah tetap optimis dan rajin berusaha lebih keras dari orang yang lainnya. Jika anda berusaha dengan keras, baik dan benar. Jika sudah waktunya, sedikit-demi sedikit pastilah nanti akan membuahkan hasilnya.

Seperti apa kata pepatah, "Apa yang kau tanam, itulah yang kau tuai". Jadi jika anda berusaha, tentu anda sendiri yang akan merasakan hasilnya. Tidak mungkinkan, jika anda menanam padi eh malah berbuah jambu. Jadi, jika anda tidak menganggur dan terus bekerja keras, pastilah nanti akan membuahkan hasil yang maksimal. Lagipula kebahagiaan tidak mesti harus dicapai dengan uang dan menjadi orang yang kaya raya.

4. Berusaha dan terus mencoba

Seperti apa yang tersebut diatas. Jika anda tidak punya bakat, dan juga modal yang mencukupi. Maka ya anda harus berusaha dengan keras untuk dapat keluar dari yang namanya kemiskinan ini. Misalnya anda dapat bekerja dengan lebih giat lagi. Yang jelas, jika sudah bekerja, jangan lupa untuk tetap ibadah. Lagipula harta anda tidak bermanfaat lagi jika anda sudah tiada. Jadi semuanya haruslah seimbang.


5. Sering berbagi ke sesama

Tidak punya uang yang banyak, hidup pas-pasan kok ya harus berbagi ?, Gimana logikanya nih ?. Ya, ngak usah main logika-logika an gan. Jika anda sering berbagi ke sesama, maupun berbuat baik ke orang lain dan lingkungan sekitar anda. Misalnya seperti sedekah, baik itu berupa materi, tenaga atau juga ilmu. Maupun semisal menanam pohon, menyingkirkan halangan / batu yang menganggu dijalan dan sejenisnya. Maka yakinlah, pasti Tuhan akan memberikan rejeki yang berlebih dari arah yang tidak anda duga. Ya, pada dasarnya jika anda berbuat baik ke siapapun, maka hakikatnya anda juga berbuat baik kepada diri anda sendiri. Dan begitu juga sebaliknya....

6. Berdoa

Yang terakhir, langkah untuk bahagia walaupun tidak punya banyak harta. Selain anda harus berusaha untuk mewujudkan impian anda. Tentu ibadah dan doa juga wajib terus anda panjatkan, baik itu disaat susah maupun disaat anda senang. Jika anda berbaik sangka kepada Tuhan, dan anda berdoa dengan penuh keyakinan untuk dikabulkan, sembari menghindari segala jenis maksiat dan rajin menjalankan perintahnya. Maka yakinlah, doa dan segala hajat anda pasti akan dipermudah semudah-mudahnya.

Ya, begitu saja sih tips agar bahagia walaupun anda berasal dari keluarga yang tidak berada, atau berasal dari kalangan orang bawah. Sebut saja sebagai orang yang tidak kaya raya / miskin. Cukup sekian dulu, semoga saya dan anda sekalian para pembaca dapat mewujudkan segala impian baiknya. Dan diberikan kemudahan dan kebaikan didalam menjalankan hidup. Cukup sekian dulu, semoga bermanfaat . ..

# Baca juga :

Bosan menjadi pengangguran, apa yang harus saya lakukan ?
Apa yang harus dilakukan setelah lulus sekolah ? Sma / Smk ?
Cara menghadapi pekerjaan yang tidak disukai
Kehabisan uang diperantauan ? Ini dia solusinya

Artikel terkait

Bosan hidup miskin ?, Bosan jadi orang miskin ?, Apa yang harus saya lakukan ?
4/ 5
Oleh

Leave your comment