Thursday, June 20, 2019

8 Cara agar tidak mudah geer dan baperan dengan segala hal

Geer dan baper, kedua istilah ini erat hubungannya dengan masalah hati dan perasaan. Hal ini biasanya sangat sering dialami oleh kaum hawa, mereka para wanita cenderung kebanyakan mengedepankan perasaan atau hati didalam bertindak. Akibatnya, banyak sekali hal-hal yang tidak enak dan menyedihkan yang diakibatkan dari perasaan geer dan baper ini.

8 Cara agar tidak mudah geer dan baperan dengan segala hal

# Arti kata geer

Geer, yang berasal mula dari sebuah kata yang terdiri dari dua huruf, Yakni huruf "G" dan juga "R". GR atau geer ini merupakan singkatan dari kata Gede Rasa. Atau bisa juga dibilang dalam bahasa indonesia yang baik dan benar, dapat disejajarkan juga dengan istilah kata "Terlalu percaya diri akan sesuatu yang salah sasaran".

Contoh mudahnya, jika anda sedang lewat dijalan. Dan kebetulan ada lawan jenis anda yang terlihat seperti memandangi anda. Dan disaat itu juga anda merasa dag dig dug ngak jelas, merasa diperhatikan, dan padahal sehenarnya tidak. Nah, ini juga dapat disebut sebagai geer.



# Arti kata baper

Baper, atau singkatan dari kata bawa perasaan. Merupakan sebuah sikap yang mana orang yang mengalami rasa baper ini. Mereka terlalu berlebihan didalam menanggapi segala sesuatu. Segala hal yang dihadapinya terlalu dilebih-lebihkan. Hal yang semula sepele, karena terbawa perasaan, semuanya jadi semakin rumit dan berat.

Akibatnya nanti, orang yang baperan ini akan banyak mengalami masalah didalam hidupnya. Misalnya seperti ...

- Sensitif, mudah tersinggung
- Sering bersedih
- Badmood terus
- Mudah marah
- Labil
- Sering kecewa
- dan sebagainya

Nah, untuk mengatasi hati yang mudah terbawa perasaan dan suasana ini. Dalam kasus yang saya bahas kali ini tentu mengenai masalah kegeeran atau juga baperan dalam segala hal. Terutama bagi remaja, yang sekiranya mudah baper dengan segala sesuatu. Semisal masalah sepele seperti geer dan baperan dengan cewek dan cowok. Maka simak saja penjelasan selengkapnya di bawah ini.

# Cara agar tidak mudah geer dan baperan

1. Mencoba berpikir sebelum melakukan dan menanggapi sesuatu

Didalam menghadapi segala sesuatu, cobalah anda tidak langsung bersikap spontan begitu saja. Cobalah sesekali anda untuk berpikir akan apa yang selanjutnya anda ingin lakukan. Cobalah berpikir sebelum berbicara dan bertindak, berpikir sebelum menjawab sebuah pertanyaan atau menghadapi segala situasi dan kondisi yang ada. Dengan ini, maka resiko kesalahpahaman, semisal geer dan baper akan dapat tercegah dan teratasi.

2. Berpikiran jernih

Berpikirlah dengan jernih, dengan kepala dingin. Jangan mengedepankan emosi atau perasaan anda yang menggebu-gebu. Hadapi semua masalah dengan tenang, dan akal sehat. Anda setidaknya harus siap dengan segala resiko yang akan terjadi. Agar nantinya anda tidak akan kecewa dengan ekspektasi yang nyatanya sangat jauh dengan realita yang anda bayangkan.

3. Jangan mengedepankan emosi

Seperti yang sudah tersebut diatas. Aturlah emosi anda, cobalah untuk tenang dan bersikap dewasa. Jika ada teman anda yang bercanda, atau bergurau misalnya. Maka, ya tanggapi semua ucapan yang teman anda ucapkan sebagai bahan candaan semata. Dan tidak usah dimasukkan kedalam hati.

Begitupula didalam suatu hubungan, misalnya dengan teman cowok / cewek. Maka anda jangan terlalu banyak memikirkan atau berfantasi dengan segala kemungkinan yang tidak-tidak. Jalani saja apa yang ada, let it flow. Santai dan jangan berlebihan.

4. Perbanyak sosialisasi / bergaul

Biasanya orang yang hatinya sensitif, mudah geer dan baperan. Mereka ini biasanya jarang bergaul, dan memiliki sedikit pengalaman didalam hubungan. Dalam artian pergaulan di dalam masyarakat. Didalam pertemanan antar teman sebaya, atau pertemanan lainnya.

Misalnya saja, ada saja orang yang tidak suka dengan yang namanya bercanda dan candaan yang menyinggung dirinya. Biasanya orang yang seperti ini mudah tersinggung dan sensitif dengan segala bahan candaan yang ada. Mereka menganggap bahwa candaan tersebut dimaksudkan untuk menghina dirinya, padahal sebenarnya tidaklah demikian adanya. Btw, candaan yang dimaksud disini adalah candaan yang normal ya, tanpa ada unsur menjelek-jelekkan, sarkas, membully dan sejenisnya.

Nah, hal yang tersebut diatas terjadi karena orang yang sensitif ini sangat mudah sekali terbawa perasaan dan suasana. Mereka mudah baper, karena kurangnya pengalaman mereka didalam bersosialisasi.


5. Jangan asal menyimpulkan sesuatu

Jika anda menghadapi segala sesuatu, di situasi dan kondisi yang sekiranya ada unsur geer didalamnya. Sebut saja dalam artian andalah yang merasa dituju atau dimaksud oleh orang lain. Misalnya seperti menjadi bahan pembicaraan, ditatap orang karena rasa suka, merasa disukai / ditaksir orang, dan sebagainya. Anggap saja semuanya hanyalah berupa angin lalu. Ya, intinya jangan terlalu kepedeean dan banyak berharap lah. Agar nantinya anda tidak terlalu jatuh dan kecewa ketika rasa geer anda ini memang salah sasaran.

6. Mencoba untuk bersikap cuek dan bodoh amat

Mencoba bersikap cuek terhadap sesuatu terkadang juga bisa diandalkan. Jika ada kondisi yang sekiranya dapat memicu rasa geer dan baper anda. Maka ya, abaikan saja hal tersebut. Anggap hal tersebut tidak pernah ada dan tidak pernah terjadi dalam hidup anda. Anggap saja semuanya cuma angin lalu, yang suatu waktu dapat datang dan menghilang dengan cepat seketika. Dengan ini, maka saya rasa hidup anda akan menjadi lebih tenang dan bahagia. Jauh dari rasa baperan dan kegeeran.

7. Belajar dari kesalahan

Jika anda merasa sering mengalami kesalahan, kesedihan dan kekecewaan dengan yang namanya geer dan baper. Ya, anda setidaknya harus mulai belajar dari berbagai jenis kesalahan yang sudah pernah anda alami. Jangan pernah terjebak didalam kesalahan yang sama secara berulang-ulang. Bentengi diri anda, dan jangan mudah lagi jadi geer dan baperan.

8. Bedakan antara fantasi dan realita

Mungkin anda keseringan nonton film, drama, sinetron dan sebagainya yang ada genre romansa atau percintaan ?. Maka hal ini juga dapat berpengaruh didalam frekuensi rasa geer dan juga baper yang anda alami. Karena banyak sekali adegan didalam drama yang sekiranya membuat hati dan perasaan orang menjadi doki-doki, berbunga dan bahagia, sedih dan berbagai macam rasa. Maka hal ini juga dapat mempengaruhi perasaan orang yang melihatnya. Dan tak jarang sampai terbawa ke kehidupan nyata.

Nah, dengan ini maka anda haruslah sadar diri dan mulai berbenah diri. Jangan terlalu harap kehidupan anda akan menjadi seindah seperti yang ada didalam film ftv / drama korea misalnya. Karena kehidupan tidak semudah itu ya ferguso. Semuanya butuh proses, tidak mungkin ada yang instan dan segala sesuatunya tidak mungkin berjalan sesuai dengan keinginan yang anda inginkan.

Jadi, ya begitu sajalah ke-8 cara mudah yang dapat digunakan untuk mengatasi dan menghilangkan rasa geer dan juga baper yang sering melanda anda. Cukup sekian dulu, semoga bermanfaat . . .

# Baca juga :

5 Ciri-ciri teman yang posesif serta penyebabnya
9 Cara mengatasi bosan, gabut, kesepian di malam hari
7 Cara mengatasi & menghilangkan galau berlebihan
Efek / Dampak buruk akibat sering bad mood

Artikel terkait

8 Cara agar tidak mudah geer dan baperan dengan segala hal
4/ 5
Oleh

Leave your comment