Thursday, July 11, 2019

8 Penyebab fps drop pada laptop saat main game, internetan, streaming, dll

Bukan hanya di hp / smartphone saja yang bisa drop fpsnya. Disaat kita memainkan game, membuka aplikasi, editing, internetan, browsing, streaming bahkan nonton video biasa sekalipun. Yang namanya fps drop, ngelag bin lemot dapat terjadi di laptop, maupun komputer kesayangan anda.

8 Penyebab fps drop pada laptop saat main game, internetan, streaming, dll

Hal ini terjadi bukan karena kebetulan semata, namun karena ada banyak penyebab yang dapat menyebabkan laptop anda menjadi tidak bersahabat untuk memainkan game, dan segala aktivitas lainnya. Dan pada dasarnya, berikut ini adalah beberapa hal yang seringkali menyebabkan fps drop / turun pada laptop anda.

# Penyebab fps drop pada laptop saat main game, internetan, streaming, dll

1. Laptop kentang

Laptop kentang yang berspek murahan, dalam artian hardware dan segala jeroannya cukup pas-pasan. Tentu hal ini sudah jelas dapat menjadi penyebab fps drop pada game yang anda mainkan.



Jika game yang anda install memiliki spesifikasi yang cukup berat. Mulai dari kapasitas grafik, memori, cpu dan sebagainya yang tidak sesuai dengan hardware laptop yang anda miliki. Walaupun anda otak-atik itu laptop, entah di mod kek, di overclock lah, dan sebagainya. Tetap saja nanti fps game jadi ngedrop, bahkan sampai jatuh ke angka 1fps misalnya. 🤣

2. Game dan aplikasi yang tidak sesuai

Seperti apa yang sudah tersebut diatas. Bijaklah dalam memilih game dan software apa yang ingin anda install pada laptop / komputer yang anda miliki. Jangan terlalu serakah, dan memaksakan diri, sehingga nantinya game yang anda install jadi sia-sia. Misalnya anda ingin install game winning eleven, game pubg, dota2, lol (league of legends), dll di laptop pentium 3. Kan nanti lucu jadinya ? 😂. Apalagi jika anda mau nginstall software buat editing video, ngerender animasi 3D, dll di laptop dos. Kan ngak bisa jadinya gan 😁.

3. File corrupt

Versi game dan aplikasi yang sudah mendapatkan berbagai jenis mod. Baik itu game dan aplikasi ori sekalipun. Terkadang berbagai bug yang ada didalam game yang ada, malah dapat memperparah dan memperburuk pengalaman bermain game anda. Dalam artian game jadi mudah ngecrash, ngefreeze, macetan, patah-patah, sering ngelag dan drop fpsnya.

4. Terkena virus

Banyak sekali jenis virus komputer yang bertebaran di luar sana. Dan dari kesemua virus yang ada, sudah jelas tujuan pembuatannya ya untuk merusak komputer dan laptop siapa saja yang dihinggapinya. Misalnya seperti menghapus berbagai jenis file penting, menambah beban pada ram dan cpu, untuk mencuri informasi penting dan sebagainya.

Nah, bisa jadi fps game yang anda mainkan jadi drop ini karena ada virus tertentu didalam komputer dan laptop anda. Sehingga yang tadinya laptop / komputer anda lancar-lancar saja buat main game berat, eh tiba-tiba buat main game ringan semacam zuma dan plants vs zombie saja sudah ngehang.

5. Laptop kepanasan

Laptop yang tidak dilengkapi sistem pendingin yang mumpuni juga beresiko untuk menurunkan performa permainan yang anda mainkan. Jika laptop anda bersuhu diatas rata-rata, sampai bisa buat masak air misalnya. Ya jelas saja nanti fps game dll yang anda mainkan akan jadi drop.


6. Terlalu banyak melakukan multitasking

Melakukan banyak aktivitas sekaligus, semisal banyak membuka game dan software yang aktif di latar belakang. Hal ini juga dapat membuat fps game di laptop anda menjadi drop. Hal ini terjadi karena kinerja hardware laptop anda dibagi-bagi dengan berbagai game dan software lain yang sedang anda buka. Sehingga mengakibatkan menurunnya fps berbagai jenis game dan aplikasi yang sedang anda buka.

7. Salah pengaturan pada aplikasi / game

Kesalahan pengaturan pada game, misalnya saja kesalahan menambahkan shader, addons dan segala jenis file tambahan lainnya. Hal ini juga dapat membuat game yang tadinya lancar dimainkan di laptop, eh tiba-tiba saja jadi drop fpsnya. Maka dari itu, saya sarankan berhati-hatilah dalam melakukan pengaturan atau mod pada game yang anda mainkan. Agar nantinya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

8. Koneksi internet yang tidak stabil

Jika anda sedang memainkan game online atau software yang membutuhkan akses internet. Dan disaat itu juga koneksi internet di tempat anda jadi lemot. Maka disaat itu jugalah fps game yang anda mainkan jadi ngedrop. Jadi, kestabilan koneksi internet juga perlu diperhatikan. Agar nantinya fps laptop anda tidak turun dan ngedrop lagi.

Yap, cukup sekian dulu gan. Begitulah ke-8 penyebab fps drop / turun pada laptop dan komputer yang anda miliki. Jika anda sudah tahu penyebab fps drop, maka untuk mengatasinya tentunya akan jauh lebih mudah lagi. Semoga bermanfaat . . .

# Baca juga :

7 Penyebab fps drop di hp android saat main game, browsing, streaming, dll
Apa itu FPS ? (Pengertian FPS dalam game dan juga genre game FPS)
5 Cara mengatasi lag dan menambah fps minecraft pe / mcpe android
Kelebihan dan kekurangan game Pay to win (p2w)

Artikel terkait

8 Penyebab fps drop pada laptop saat main game, internetan, streaming, dll
4/ 5
Oleh

Leave your comment