Wednesday, March 20, 2019

Kegiatan saat nganggur di rumah yang sering dikerjakan para pengangguran ?

Kira-kira kegiatan atau aktivitas apa sajakah yang dikerjakan para pengangguran saat di rumah ?. Kegiatan apa saja yang biasanya dilakukan untuk mengisi waktu luang ?. Khususnya bagi mereka-mereka yang baru lulus sekolah, atau mungkin malah sudah lama menganggur karena berbagai alasan ?.

Kegiatan saat nganggur di rumah yang sering dikerjakan para pengangguran ?

Nah, Tentunya untuk jawabannya sendiri sangatlah bervariasi dari satu orang ke orang lainnya. Karena setiap pengangguran, tentu memiliki beberapa jenis kegiatan yang biasanya dapat mereka lakukan. Sebagai contohnya, jika pengangguran di desa, misalnya saja anak remaja. Paling juga hobi mereka ya nongkrong bersama teman sebaya, kalau tidak ya main di kebun, cari rumput buat ternak, mancing di sungai dan sebagainya.

Sedangkan untuk anak kota, mungkin saja mereka nongkrong di mall, cafe dan sejenisnya. Atau paling tidak ya online seharian. Baik itu online melalui hp maupun komputer / laptop yang dimilikinya.



Nah, namun secara umum. Biasanya para pengangguran seringkali melakukan hal-hal seperti ini saat berada di rumah.

# Kegiatan saat nganggur di rumah

1. Bermain bersama teman

Saya rasa hal ini sudah sangat wajar dan umum adanya. Banyak anak sekolahan yang baru lulus dari sekolah menengah atas dan sederajat. Jika mereka tidak melanjutkan kuliah, atau dalam masa tenggang dalam mencari kerjaan dan sebagainya. Pastinya mereka akan sering menghubungi teman-teman sekolah atau teman sebayanya. Mereka akan lebih sering bermain bersama, entah itu hanya sekedar nongkrong, jalan-jalan, atau malah merencanakan sesuatu yang unik dan menarik ?.

2. Membantu kerjaan / usaha orang tua

Jika orang tua dari si anak yang baru lulus tadi memiliki bisnis atau membuka lapangan kerja sendiri. Tentunya, dimasa menganggur tersebut. Si anak akan cenderung diminta oleh orang tuanya untuk membantu usaha atau pekerjaan yang mereka kerjakan. Misalnya di suruh untuk pergi ke sawah, nyari rumput, jadi pelayan, ikut dagang, dan masih banyak yang lainnya.

3. Online, ngesosmed dan ngegame

Kebanyakan anak zaman now, hobinya pasti tidak jauh-jauh dari hp dan internet. Mereka akan lebih cenderung memanfaatkan waktu nganggurnya untuk aktif online di media sosial, bermain game, ngeyoutube, membaca blog dan berita di internet. Dan melakukan aktivitas indoor lainnya yang masih berhubungan dengan hp dan juga dunia maya.

4. Tidur

Yap, jika tidak ada yang dikerjakan. Paling mentok, semua pengangguran juga menghabiskan waktunya untuk tidur. Daripada bosan ngak jelas, ngak ada kerjaan, pusing mikirin nasib. Mendingan tidur saja..

5. Ngobrol dengan tetangga

Untuk para bapak dan ibu-ibu rumah tangga yang menganggur. Tentunya mereka akan lebih sering aktif untuk bersosialisasi dengan orang-orang disekitarnya. Mungkin saja bagi ibu-ibu, banyak ditemui yang suka ngerumpi dan ngobrol-ngobrol dengan tetangga lainnya. Dan untuk bapak-bapak, biasanya suka nongkrong di warung kopi bersama teman-teman yang lainnya.

6. Menjalankan hobi

Salah satu hal yang dikerjakan oleh para pengangguran lainnya, yakni adalah dengan cara mengisi waktu luang dengan menjalankan atau melakukan hobi yang di sukainya. Misalnya seperti bercocok tanam, berkebun, merawat bunga, membaca novel, nonton film, dan masih banyak yang lainnya.

7. Mikir sampai pusing

Banyak juga para pengangguran di luar sana yang bingung sendiri dengan nasibnya. Mereka jadi banyak pikiran karena tidak kunjung dapat kerjaan. Dan akhirnya ya gitu deh, jadi pusing, sedih, galau, gunda gulanah. Semua emosi negatif berkumpul menjadi satu.


8. Nyari kerjaan

Kalau nganggur ngak ada yang di kerjakan. Ya, paling enak nyari kerjaan untuk dilakukan. Misalnya mencari lowongan pekerjaan disekitar daerah tempat tinggal. Atau mungkin hanya sekedar mencari kegiatan yang sekiranya dapat mengisi waktu luang.

9. Buat kerjaan

Jika para pengangguran tidak bisa mencari dan mendapatkan pekerjaan. Tentunya mereka harus mencoba berbagai cara untuk mendapatkan uang. Salah satu caranya, tentunya dengan cara berwirausaha atau membuat lapangan kerja sendiri. Berbisnis kecil-kecilan, dan sejenisnya. Dengan ini maka, mereka akan mendapatkan uang tanpa harus mencari lowongan pekerjaan yang melelahkan, tanpa harus menjadi seorang pegawai atau karyawan.

Ya, mungkin hal yang tersebut diatas merupakan sebagian kecil kegiatan yang dikerjakan dan dilakukan oleh para pengangguran. Selain yang tersebut diatas, tentunya masih banyak kegiatan yang mereka lakukan. Dan tentu, hanya mereka sendiri dan Tuhan lah yang tahu. Cukup sekian dulu, semoga cepat dapat kerja atau dapat berbisnis yang halal dan menghasilkan. Semoga bermanfaat . ..

# Baca juga :

Tutorial / Cara menjadi pengangguran yang sukses dan berkualitas
6 Cara menikmati jadi pengangguran ? Dijamin bahagia
5 Cara agar tidak jadi pengangguran setelah lulus sekolah, kuliah, dll
Rasanya jadi pengangguran, suka duka jadi pengangguran
Ini dia Enaknya jadi pengangguran ?

Kegiatan saat nganggur di rumah yang sering dikerjakan para pengangguran ?
4/ 5
Oleh

Leave your comment